Perpanjang Paspor sekarang mudah banget!

 

Udah lama banget ngga ngeblog… mumpung lagi ada niat dan waktu, mau ngeshare dikit soal perpanjang/perbarui paspor yang makin kesini makin mudah. Sejuta apresiasi buat ditjen imigrasi dan Kemenkumham atas gebrakannya.

Sekarang mengurus perpanjang / perbarui paspor itu cukup modal bawa paspor lama (asli), fotokopi paspornya dan fotokopi e-KTP.  Simpel banget yak
Oh iya sama modal bawa duit lah… masa kagak bayar.

Jadi ceritanya nih gue mau perpanjang paspor, ada rencana mau ada undangan ke KL desember nanti. Lumayan mepet waktunya, mana paspor kan udah habis masa berlakunya sejak Agustus 2016, haha. Rencananya mau ke kantor Imigrasi Unit Layanan Paspor II di Karang Tengah / Bona Indah karena deket banget dari rumah. Ternyata pas iseng nanya ke mimin @kanim_jaksel taunya itu kanim sementara waktu ini tidak beroperasi, sepertinya sih udah beberapa bulan terakhir, mungkin masalah jaringan.
UPDATE: ternyata ULP II Karang Tengah per 15 November 2017 ditutup dan dipindahkan ke Mal Pelayanan Publik

Tapi untung aja sebelum ke ULP II itu udah iseng juga daftar antrian online ke Kanim Jaksel yang di warung buncit, tapi dapatnya 2 minggu lagi (tanggal 16 Nov kemarin) .. luckyyyyyy banget.. soalnya antrian itu penuuuuhhh sampai awal 2018.

Daftar Antrian Online

Mau dapat antrian secara online juga ga susah susah amat. Awalnya mau walk-in kan.. tapi berdasarkan ngulik ke timeline nya si mimin @kanim_jaksel, yang Jakarta Selatan hanya melayani antrian online dan tidak melayani walk-in alias datang langsung celingak celinguk tanpa daftar antrian. Ya udah deh daripada daripada. untung aja dapat antrian tanggal 16 November. Masih ada waktu lah

Cukup dengan akses ke antrian.imigrasi.go.id atau melalui Apps di Android. Karena di IOS belum ada appsnya, makanya pake yang web aja.

nov17_antrikanim_1

Kalau belum pernah punya akun di aplikasi ini, daftarin dulu  deh. Klik ke Pendaftaran gampang kok. Siapin KTP nya ya. Tinggal masukkan data data diri, sama Nomor Induk Kependudukan.. (itu lho..deretan angka di KTP elu). Jangan lupa gunakan E-mail yang valid ya. karena sistem akan kirim notifikasi ke email untuk aktivasi akun antriannya.

 

nov17_antrikanim_2

 

Setelah aktivasi, login deh. nanti akan muncul daftar Kanim ngejembreng. Pilih aja Kanim yang terdekat, Buat Permohonan. Lalu akan muncul  form permohonannya. Cari dulu tanggal yang tersedia, kalau nggak ada tanggal yang bisa dipilih, berarti penuhhhhh kuota layanan untuk tanggal itu. Sabar sabar aja deh. Cari aja kanim lain sapa tau ada yang kosong.

Setelah Pilih tanggal, akan ada pilihan waktu, mau Pagi atau siang.. mendingan pagi lah.
Jumlah pemohon ini sesuai dengan berapa orang yang mau urus paspornya. Maksimal 4 orang. Jadi misal kita mau perpanjang paspor sekeluarga dan selama masih di dalam 1 KK, bisa sekaligus tentukan jumlah pemohonnya.  Tapi kalau beda KK, kalau tidak salah harus bikin antrian dengan akun berbeda.

nov17_antrikanim_3

nov17_anreikanim3b

Setelah klik lanjut, akan diminta data pemohon satu per satu .. berhubung gue sendirian.. ya satu.. udah aja.

Setelah beres.. dapat deh antrian nya.. amaaannn.. di aplikasi ini akan ada barcode / QR code buat ditunjukin ke petugas di Kanim nanti. Tinggal datang aja sesuai dengan tanggal yang ditentukan.

nov17_antrikanim_5

 

[xyz-ihs snippet=”gads”]

 

Waktunya Urus Perpanjang / Perbarui Paspor

Udah waktunya nih…  berhubung ini Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan lumayan deket sama kantor, gue naik ojek online aja biar praktis. males bawa motor kesana. Biasanya itu kantor parkirnya umpek-umpekan.

Sampai disana masuk gedungnya deh… Terus terang belom pernah nginjekin kaki ke gedung Kanim Jaksel yang udah di renov, waktu dulu urus kan kantornya pindah sementara ke lebak bulus.
Begitu masuk gedung, langsung aja naik ke lantai 2, sebelah kanan ada lift dan tangga. Yang masih muda naik tangga lah.. sehaaattt.

nov17_kanim_02

 

Begitu di lantai 2, persis depannya lift ada Check-in Counter. Ini counter untuk segala antrian untuk yang urus paspor atau yang mau ambil paspor. Tunjukkan barcode yang sebelumnya kita dapat dari antrian online dan ingin urus paspor baru atau pergantian/perpanjang paspor.  Karena ingin ganti paspor baru, petugas scan barcodenya, lalu dapat nomor antrian, terus diminta dokumen berikut:

  1. Paspor lama asli
  2. Fotokopi Paspor Lama (halaman yang ada foto elu sama halaman paling belakang yang ada data paspor sebelumnya)
  3. Fotokopi e-KTP

Untuk fotokopi masing-masing harus dalam selembar A4, jangan dipotong kecil kecil.

Wahahahahh… ternyata emang bener dokumen yang dibutuhkan cuman itu aja. Padahal gue udah jaga-jaga bawa beberapa dokumen seperti KK, Akte Kelahiran, Buku Nikah.. ternyata nggak diminta… nunjukin KTP asli pun ngga perlu. Nggak ada form apapun yang perlu diisi.

Dapet Antrian 3-079 .. petunjuk monitor masih di antrian 3-040 .. mayan.. nunggu deh

 

nov17_kanim_05

 

nov17_kanim_03

 

Sambil nunggu.. celingukan liat sekitar lantai 2, ada counter informasi, ada juga Nursing Room buat emak emak yang bawa bayinya. Setelah 1 jam an nunggu.. giliran antrian gue yang dipanggil.. (akhirnya…)

 

Prosesnya di counter itu:

  1. Nanyain mau pakai paspor biasa 48 halaman? (Ya)
  2. Bengong 5 menit.. soalnya komputernya ngerestart sendiri… (hiiiiih….)
  3. Difoto
  4. Scan sidik jari  Jempol – Telunjuk – Kanan untuk masing masing tangan
  5. Dapet lembaran untuk pembayaran ke Bank

 

 

 

 

 

UDAH GITU DOANG

 

 

 

 

 

 

 

10 menit kelar.. tanpa interview… tanpa tanda tangan apa apa.. tinggal turun ke lantai bawah, bayar ke Bank BRI.. beressssss.. Pulaaaangg..!! eh.. balik Kantooor..!

nov17_kanim_06

 

Setelah bayar, Paspor baru bisa diambil sekitar 3 hari kerja setelah pembayaran. Tapi kita juga bisa pantau status permohonan paspornya melalui Whastapp Gateway Service (WAGS) Kanim Jakarta Selatan di 0813 8171 0123

Cukup dengan kirim nomor permohonan kita (bisa dilihat di slip pembayarannya) ke nomor WAGS tadi.

Jadi bisa tau paspornya sudah selesai atau masih proses. Biar ngga gondok lah udah 3 hari datang kesana taunya belom kelar. Cek dulu ke WAGS ini..

 

nov17_kanim_07

ok sip lah… nanti diupdate lagi proses pengambilannya 4-5 hari kedepan (soalnya kepotong sabtu-minggu)

 

[xyz-ihs snippet=”gads”]

 

Update: Pengambilan Paspor, 21 November 2017

Pagi-pagi dapat waslap dari nomor WAGS Kanim jaksel, katanya paspor sudah selesai dan bisa diambil. Sesuai perkiraan 3 hari kerja selesai.

nov17_kanim_11

Jadi berangkat kantor melipir dulu bentar ke Kanim deh. Parkir motornya lega ternyata, seperti biasa langsung naik ke lantai 2, ke check -in counter lagi, tunjukin bukti permohonan dan pembayarannya, dapat nomer antrian lagi. Ruang pengambilan ada di sisi kiri dari check in counternya. Dapet antrian 6-090,  yang di monitor masih 6-060 .. idih.. mayan deh nunggunya. Beli minum dulu ke koperasi (di pojokan, ada fotokopian juga sama cemilannya menarik). Terus duduk manis.

nov17_kanim_12

Sambil nunggu nyempetin merem dulu.. bangun-bangun udah 6-085 aja..  Cepet juga, baru 40 menitan lah nunggunya.

Pas nomer gue dipanggil, baru juga sampai counternya, itu paspor udah tinggal diserahin. Weleh.. cepet uga…  Karena dari awal ternyata sudah ada data nama gue, sejak dari daftar antrian, check in counter urus pergantian, dan check in counter pengambilan.  Serah terima paspor, gue ga ditanya identitas apapun…  (kalau mau diwakilkan orang lain sih bisa aja, tinggal siapin surat kuasa aja) Periksa semua data di paspor baru, pastikan semua sesuai dan tidak ada typo… beres.. cabutt lah yuknov17_kanim_13
 

Total waktu pengurusan paspor dari permohonan sampai pengambilan 1 jam 40 menit..
Total Biaya: Rp 355.000 untuk paspor biasa 48 halaman,  plus 2000 buat parkir hahaha

– beres –

Comments
  • Siska
    Reply

    Terima Kasih banyak untuk step by step info mengurus passportnya. Sangat sangat membantu saya sekali. You are the best writer and blogger !

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search