Batavia versus AirAsia

Iseng doaaang..

soalnya lagi mulai menyusun planning untuk travel ke Singapore di Q3 2012. Kebetulan memang sudah impian istri untuk bisa berkunjng kesana. Jadi ya hayo lah.. survei nya sih udah berjalan sejak akhir tahun lalu. Googling kesana kesini biar bisa ada gambaran budget nya.

Sekarang bahas airlinenya dulu yuk..

bolak balik ngecek AirAsia untuk tanggal yang terbaik di area Q3 (kuartal ke-3) 2012, dan ternyata cukup susah untuk bisa dapat flight pagi dan pulang sore dengan harga yang cukup terjangkau. jatuhnya sekitar 2 juta lebih dikit untuk saya, istri dan raka pp. itu hanya dengan bagasi 20kg saja pp.

sampai teruuus aja nyari di AA kok masih kurang sreg. Bahkan waktu Awesome Sale nya AA saja akhir tahun lalu kok kurang nendang rasanya. ya bisa dapat di 1,8 sih.. tapi kok masa diskonnya hanya segitu. walau oke sih lebih murah, tapi karena pertimbangan tanggalnya belum nemu yang cocok (dan limit kartu kredit belum kooperatif) jadinya kita pass saja dulu salenya. masih feeling akan ada sale lagi nanti.

Okeh sekarang bicara yang non-sale nya deh. setelah melakukan studi banding dengan airline lain. Lha nemu nih di Batavia Air kok muyyahhh ya.. sudah ++ pun. dan jam penerbangannya sangat cocok dengan yang kita mau. Flight pagi jam 7 dan pulang ke jkt nya flight sore jam 16 an. dengan harga promo yang kalau ditotal pp bertiga (anak kami masih infant belum 2 tahun) itu hanya 2,076 juta. Wah bisa buat pertimbangan nih..

Batavia Air

Pertimbangan murahnya? yuk dijabar bareng.. Batavia Air segitu sudah termasuk bagasi cuma cuma 25kg.. (per orang kan?) berarti bisa dapat alokasi 50kg berangkat dan 50kg pulangnya. Luar binasa bukan? tiket untuk Raka saja juga nggak sampai 100rb. harga semua inclusive dengan tetek bengeknya.

Nah iseng deh kita bandingkan deh sama si Merah AirAsia di tanggal yang sama dan jam penerbangan yang mirip2 dan alokasi per orang 20kg pp bagasinya, pokoknya dengan konfigurasi yang semirip miripnya dengan Batavia.. Walhasil berakhir di checkout dengan tampilan total biaya yang  340rb lebih mahal.

Selisih cukup jauh ada di tiket untuk infantnya. 97rb versus 150rb flat rate nya AirAsia untuk infant dan Service Feenya (Fuel Surcharge dan lain lainnya).

Sekilas kalau dilihat dari base rate nya saja jelas AirAsia lebih murah. Tapi setelah udah nambah ini itu terima bersihnya.. jadinya bengkak deh.. ya walaupun kita nggak akan travel sampai bawa bagasi 50kg, tapi kan untuk perbandingannya kita kudu nambah simulasi bagasi masing2 25kg

AirAsia

 

Tapi kita masih mencoba berbagai pertimbangan dulu nih.. Kalau kita mau coba menunggu Sale berikutnya dari AA, bisa jadi kita harus relakan promo fare nya Batavia lewat begitu saja.. itu juga bisa didapat tanpa harus nunggu Queue dan berbagai server error waktu mau booking dan jatah 10 menit kan ?

Berbagai faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah, booking flight diluar weekend. Bisa dijamin dapat lebih murah lagi.. tapi semua ini tergantung dari jatah Cuti kita.. hehehehe

Lumayan untuk dijadikan renungan…. (apaaaaan coba yang direnungkan…)

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search