AirAsia Free Seats Promo, Pemisahan sale domestik dan internasional

AirAsia mulai diserbu para Bargain Hunter lagi semalam.
Setelah mengumumkan akan adanya Free Seat lagi alias kursi Rp. 0, banyak kalangan yang sudah siap sedia di depan komputer dan gadget masing-masing untuk berjuang rebutan kursi gratis mulai 14 Mei pukul 23:00. Jadwal Terbang Januari – Mei 2013

Kali ini AirAsia memisahkan jadwal beli untuk Domestik dan International flight nya, dan saya rasa sangat efisien dan bagus strateginya. Justru dengan cara ini, Server Load website AirAsia menjadi stabil, tidak ada overload yang mengakibatkan error server.

Semalam iseng-iseng ngetes (walaupun nggak niat untuk beli tiket domestik), dan memang sangat stabil tuh servernya. Ya memang masih ada kok yang namanya Waiting Room, tapi sepanjang ngetes bolak bali berbagai tujuan domestik sampai ke proses pembayaran (ya sampai disitu saja ngga sampai bayar, hehehe), so far lancar jaya tanpa ada error sedikitpun. Ada terlihat complaint yang bilang error saat pembayaran dengan klikbca, tapi sepertinya error tersebut ada di sisi bank nya.

Seperti biasa, harga promo jelas ada di hari kerja Selasa sampai Kamis, namun ada juga beberapa yang di Sabtu dan Minggu, gimana keberuntungan aja nyarinya.

Dari awal, AirAsia sudah menginfokan kalau free seats hanya di rute tertentu saja, walau masih banyak orang yang mengira promo ini berlaku ke seluruh rute domestik, dan masih banyak yang mengira kalau di tanggal dan jam yang sama promo dibuka juga mulai dijual promo flight internasionalnya. Mungkin baiknya baris TnC  (terms and conditions) nya soal hanya rute tertentu itu perlu diperbesar lagi fontnya buat di Banner promonya, biar kebaca jelas..heheheh

Terlihat free seats hanya berlaku di rute-rute seperti (berlaku pp) :

  • BDO – PKU (Bandung – Pekanbaru)
  • JOG – DPS (Yogyakarta – Denpasar)
  • CGK – SRG (Jakarta – Semarang)
  • SUB – DPS (Surabaya – Denpasar)

Banyak juga yang salah kaprah kalau di rate tertulis Rp 5.000 (promo paling murahnya) padahal itu rate sudah All-In Rate, artinya sudah termasuk dengan fee diluar kursi seperti Airport fee, fuel surcharge, dll.
Jadiii.. diperhatikan bapak bapak dan ibu ibu.. bahwa ini FREE SEATS yaaa.. alias kursinya gratis.. bukan FREE FLIGHT, masa iya digratisin dari Supersize Baggage sampai Airport Tax segala ?
Walhasil kalau beruntung, dari rute diatas bisa dapat tuh tiket pesawat cuma Rp. 10.000 pulang pergi, belum termasuk biaya lain seperti SSB (Super Sized Baggae), PBM (Pre-Booked Meal) dan Pick-a-Seat.

Saya sempat mencatat tuh beberapa flight ke beberapa tujuan dari CGK, hanya sekedar sample saja, memang tidak akan ada promo free seats disini, tapi ya namanya juga iseng…kebetulan memang tujuan favorit, yaitu JOG dan DPS. Dicatat total biaya pp untuk 3 orang, hanya 1 jam sebelum Big Sale dimulai.

Begitu Promo free seat dimulai, saya test lagi tuh untuk flight yang tadi di hari dan jam yang sama. Ternyata malah ada kenaikan sekitar 200rb dari total biaya 1 jam sebelum promo.. Nah lho kok malah naik ? walaupun ada beberapa flight di jam berbeda yang dikasih lowest fare, tapi di jam lain malah (sedikit) dinaikkan.

So.. apakah ini kebetulan memang ada penyesuaian rate untuk Januari – Mei 2013 ? atau ada subsidi silang ? hahahaha ya kita nggakkan tahu lah.. ini pasti udah urusannya AirAsia. yang jelas teman-teman di Jogja, Pekanbaru, Jakarta (ke semarang), Semarang, Surabaya bisa merasakan free seatsnya.. gantian deh.. dulu kan dari CGK aja kan yang selalu free seats.

Kita tinggal lihat nih free seat untuk Flight Internationalnya.. akan dimulai promonya tanggal 15 Mei 2012 pukul 23:00.
kalau dilihat dari pola free seats domestik, sepertinya kecil kemungkinan dari CGK bakalan banyak free seatnya. Prediksi iseng iseng adalah BDO-PEN, PKU-KUL, SRG-KUL, JOG-KUL, JOG-SIN.

 

UPDATE:

Berdasarkan AirAsia malaysia yang sudah kasih bocoran rute internasional (Untuk kurs Rupiah, kalikan saja dengan 3000):

  • CGK-KUL (RM 31)
  • CGK-PEN (RM 72)
  • CGK-SIN (RM 54)
  • CGK-Phuket (RM 126)
  • CGK-BKK (RM 179)
  • CGK-Vietnam (RM 126)
  • DPS-KUL (RM 90)
  • DPS-SIN (RM 90)
  • DPS-BKK (RM 90)
  • DPS-Phuket (RM 90)
  • BDO-SIN (RM 18)
  • BDO-KUL (RM 72)
  • BDO-PEN (RM 72)

Siap bertempur lagi ?

 

UPDATE LAGII !!!!

Sumber Screenshot dibawah diambil dari AirAsia


 

 

 

Ps: buat kalian dimanapun yang suka komentar, entah di forum atau twitter atau fb airasia, yang becandaan ke promo free seats dan bawa-bawa musibah sukhoi… Please… Grow a heart..and brain.. Alias..nggak punya hati dan otak kali yeee kalian ngomentarin gitu..

Showing 2 comments
  • travellerrr
    Reply

    gimana sih cara dapet / tahu tanggal yang costnya paling murah?
    soalnya kok kayak promo biasa ya freeseatnya,,ttp aga mahal..

    • ifan
      Reply

      Yang namanya promo itu sudah pasti tidak akan mungkin ada di weekend..
      beberapa ada, kalau beruntung nemunya. tapi pasti itu rute yang tergolong belum ramai dan jatahnya pasti sedikit… Jam terbangnya pun juga tidak semuanya ada, ada jam tertentu yang justru trafficnya banyak sekali penumpang

      Jadi tiket promo sudah pasti ada di hari yang justru sedikit orang bepergian untuk berlibur.. yaitu Selasa, Rabu, Kamis dan Keberangkatan Hari Minggu.

      Jadi orang baru pada pulang liburan, kita justru malah berangkat..

      Promo free seat itu benar benar ada, disebutkan ada harga itu karena fuel surcharge, dan flight kembali kenapa lebih mahal ? karena tiket pesawat pulang itu SUDAH termasuk dengan airport tax.. tidak seperti kita berangkat murah.. TAPI BELUM termasuk airport tax.. kalau dari CGK domestik 50rb dan internasional 150rb.. toh jatohnya pasti sama kalau dihitung dengan airport tax.

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search