Migrasi Blog dari Joomla ke WordPress

Penghujung akhir 2011, memasuki tahun ke-3 dari Blog ini. Iseng-iseng deh ngutak ngatik blog.

Supaya lebih fleksibel dalam blogging apalagi untuk Ranny biar lebih leluasa nulis. Akhirnya diputuskan untuk merombak total dari CMS Joomla menjadi WordPress. Lho Kenapa ? ya bukan karena bosen pakai Joomla, tapi kalau dilihat dari pemakaian web ini yang 95% blogging dan 5% gallery, sepertinya jauh lebih praktis kalau pakai WP. Joomla di sisi lain masih tetap superior kalau dilihat dari 3rd party componentnya. Tapi kalau dari sisi resource memang corenya sendiri sudah ngabisin banyak space. Makanya pertimbangan lain pakai WP itu bisa “menghemat” space sampai 50%.

 

[xyz-ihs snippet=”gads”]

 

Lalu bagaimana dengan Databasenya ?
Ngga begitu susah kok.. tapi memang memerlukan beberapa langkah penting.

Iseng iseng liat di repo nya WordPress, nemu ada plugin untuk migrasi dari Joomla/Mambo ke WordPress. Tapi kelihatannya tidak diteruskan oleh developernya, jadi mentok hanya untuk migrasi dari Joomla 1.5.x ke WordPress 3.1. Lebih baru dari keduanya, plugin ini tidak akan jalan.

Berhubung sebelumnya blog ini sudah pakai Joomla 1.6.x dan WP sudah di versi 3.3. Caranya adalah bisa menggunakan plugin diatas dengan sedikiiiit sekali modding di codingnya, karena Joomla 1.6.x sudah menghilangkan kolom “section” untuk struktur Artikelnya. jadi ada beberapa coding yang dihilangkan untuk mengconvert database Joomla ke WP.

Lalu WP yang dipakai untuk migrasi ini ? ya pakai saja dulu WP versi 3.1… jadul memang tapi praktis kok untuk Upgrade WP ke versi terakhir.

Terus jangan lupa untuk copy folder imagesnya..

Jalanin langkah-langkah migrasi seperti yang dijelaskan di plugin tersebut. beres deh..nggak sampai 5 menit lah untuk migrasi databasenya palingan butuh waktu untuk upgrade WPnya..

Migrasi Joomla ke WP

 

 

 

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search