menu MPASI Rayyaka

 

 

     well sebenernya MPASI raka udah di mulai dari 2 bulan yang lalu, agak terlambat sih bahas ini. tapi gapapa yak?:p

as new mom, momen memberikan makanan pendamping asi ini merupakan momen yang sangat di nantikan sekaligus mendebarkan. terbayang bagaimana ekspresi wajah si kecil saat makanan solid dia rasakan di lidah nya. yang biasanya hanya mengenal ASI sebagai makanan utamanya. priceless banget pasti!!

dengan pengalaman NOL, cuman bisa cari info sana sini. mantengin forum tercinta, browsing sana sini.  bbm-an sama temen yang anaknya udah makan makanan solid duluan. bingung mesti ngenalin apa dulu buat first MPASI nya raka. grogi pasti, bingung jangan tanya.

because we all know, every mom in the world wants the best for our children right?

dan akhirnya pilihannya jatuh pasa tepung gasol, tepung beras yang organik ( konon jarang menimbulkan alergi) .  beli di total, 2 kotak. tepung beras merah wangi dan tepung beras coklat masing-masing satu.

 

jadi ada beberapa pedoman yang di pegang selama pemberian MPASI ini, karna ada masa dan tahapan yang harus di lalui si kecil. agar lambungnya tidak kaget :

ini aku copy paste dari www.tepunggasol.com

  • Umur 6 bulan *),

Tipe : semi cair, frekuensi pemberian 1~2 kali per hari
Sayuran : labu parang, ubi jalar, kentang, kacang hijau, labu
Buah : pisang, pir, apel, alpukat, jeruk

  • Umur 7-8 bulan,

Tipe semi padat, frekuensi pemberian 2 kali per hari
Sayuran : Asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak
Buah : Mangga, peach, blewah, timun suri
Lauk : Ayam, sapi, hati ayam, tahu, tempe

  • Umur 9-12 bulan,

Tipe padat, frekuensi 2~3 kali per hari
Sayuran : Kacang merah, kacang kapri
Buah : Melon
Lauk : kambing, sapi muda, bebek, kuning telur, keju

 

 

Raka selama 6-7 bulan makannya tepung gasol di beri ASI dan puree buah ( pear xiang lie, apel fuji, pepaya ) khusus pear xiang lie dan apel fuji sebaiknya di kukus dahulu dan di saring. dan untuk ASI sebaiknya di campur pada saat mau disajikan, jangan di campur pada saat memasak tepung karna di khawatirkan akan merusak kandungan nutrisi pasa ASI itu sendiri

 

setelah masuk usian 7-8 bulan aku coba mengenalkan bubur blender pada raka, karna tidak di rekomendasikan untuk memakai gula dan garam pada setiap masakan bayi di bawah 1 tahun maka agar bubur lebih gurih bisa menggunakan kaldu ayam/sapi/sayuran/ikan yang di tambahkan daun bawang, bawang bombay, seledri dll.

garam seperti kita tahu tidak mengandung nutrisi sama sekali, garam hanya memberikan rasa enak pada lidah dan akan memberikan kerja ekstra pada ginjal bayi.

gula akan mengakibatkan kerusakan gigi dan kemungkinan obesitas.

 

jadi bubur blender nya raka isinya, 2 sendok beras, 200 cc air, ceker ayam sbg kaldu, daun bawang, bawang bombay, wortel, bayam dan sayuran lainnya

setelah beras mulai menjadi bubur, dinginkan lalu blender, gampang bgt. yang paling aku suka dari kegiatan ini adalah kita bisa mencampurkan segala bahan makanan sehat kedalam sini. hihihi ( tapi teteup sesuai aturan yah)

 

untuk makanan selingan selain bubur blender tadi, aku coba kasih dia kabocha atau labu parang. dan alhamdulilah raka senenggggg bgt sama kabocha. jadilah mesti nyetok kabocha banyak2. 😀 meski nyoba-nyoba puree lainnya juga, tapi teteup yang paling di lahap ya si kabocha ini 😀

 

daannn setelah sebulan eksplorasi lagi nih, beli keju yang unsalted. bikinin raka bubur kentang keju dimasak dengan kaldu ayam dan daun bawang as always. dan olala raka lahap bgt. akhirnya aku tambahin beras biar tambah ngeyangin. 😀 sampe sekarang itu masih menu andalan nih.

pengen cari2 menu baru lagi, biar lebih bervariasi. untungnya raka gak alergian. dan jangan sampe alergian. jadi gampang bgt ngasih makanan sehat dan bergizi buat dia. 😀

 

 

 

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search